Sunday, September 2, 2012

Galatia Berita 40


Hidup oleh Roh (yang pertama) untuk eksistensi dan kehidupan kita.

Kita mengalami Persona ini sebagai jalan, jalur, peraturan , arah bahkan kaidah hidup sehari hari kita sehingga kita bisa mendapatkan Kristus, dijenuhi oleh Kristus sehingga kita bisa mengekspresikan Kristus dan terbangun di dalam Kristus.

Kita tidak mau peraturan, sekedar pengajaran, doktrin, teologi, organisasi, kita mau kenikmatan akan Kristus. Agama menyembah Allah tanpa kenikmatan akan Kristus dan tidak terjadi sesuatu apapun di dalam kita sehingga Allah dan manusia tidak dipuaskan. Hanya dengan berjalan menurut Roh, Allah dan manusia dapat dipuaskan.

Jangan jadikan  hukum Taurat sebagai esens Anda,  jangan jadikan  peraturan sebagai esens Anda, jangan jadikan  sunat sebagai esens Anda. Betapa memalukan, Anda tinggal dengan apa yang sudah Tuhan salibkan. Kita perlu mengambil Kristus, Sang Kekal, Sang Hidup, lagipula Dialah realitas segala perkara positif di alam semesta.  Jangan menghina Allah dengan menggantikan Kristus dengan apapun.

Jika  kita bersatu dengan Roh  yang   almuhit, sudah tentu Ia  akan memimpin kita hidup di dalam diri-Nya sendiri  sebagai jalan kita. Akibatnya, Roh  itu  akan menjadi kaidah, prinsip yang  menuntun kepada sasaran Allah. Dengan spontan Roh  itu  menjadi jalan setapak, peraturan di atas  jalan yang   menuju sasaran  Allah. Jadi,  Roh  yang almuhit itu  menjadi jalan setapak bagi  jalan kita. Jika kita berjalan sepanjang jalan setapak ini,  pastilah kita akan mencapai sasaran  Allah, dan  kehendak-Nya akan bisa  dirampungkan.

Kitab Galatia menunjukkan bahwa kita tidak seharusnya  hidup menurut hukum Taurat, agama, tradisi, organisasi, doktrin-doktrin, atau peraturan-peraturan.  Sebagai gantinya, Allah  Tritunggal yang  telah melalui proses yang hidup di dalam kita seharusnya menjadi esens insan baru kita dan  sebagai jalan setapak bagi  jalan kita. Kita harus hidup oleh  Dia  dan  bertindak di dalam Dia,  yakni memiliki kedua jenis  hidup oleh  Roh  itu.


No comments: