Saturday, September 22, 2012

Galatia Berita 46



Antara ciptaan baru dengan ciptaan lama terdapat satu perbedaan yang  mendasar. Hayat dan  sifat Allah  tidak tergarap ke dalam ciptaan lama, tetapi ciptaan baru memiliki hayat dan  sifat ilahi. Adam  tidak memiliki hayat dan  sifat Allah. Kita hanya dapat menerima hayat dan   sifat ilahi melalui  percaya  kepada  Tuhan  Yesus    dan    dilahirkan kembali oleh  Roh  itu.  Ketika kita percaya kepada Kristus, hayat dan  sifat Allah  diberikan kepada kita dan  menjadikan kita suatu ciptaan baru.

Yang   penting hari ini  bukanlah kita bergairah terhadap agama atau tidak bergairah terhadap agama. Yang penting ialah apakah kita memperhidupkan ciptaan baru atau tidak. Memperhidupkan ciptaan baru berarti hidup, bertindak, berperilaku, dan  melakukan segala perkara, besar  maupun kecil, dengan unsur Allah. Dalam segala yang kita lakukan wajiblah kita tidak bertindak dalam diri  kita sendiri, melainkan menurut diri  kita yang  telah dilahirkan kembali, yang  dipenuhi dengan unsur ilahi.

Bahkan percakapan kita dengan orang lain  pun  harus oleh  unsur ilahi yang  ada  di dalam kita. Bila  kita merasa kita berbicara di  luar unsur ini,  janganlah kita lanjutkan pembicaraan kita. Dalam percakapan sehari-hari, kita tidak seharusnya berbicara di dalam diri  kita sendiri, melainkan dengan unsur ilahi. Kemudian percakapan kita akan menjadi  bagian dari ciptaan baru.

Ketika saya masih muda, saya pernah mendengar seorang penginjil berkata bahwa ajaran-ajaran  Alkitab sama dengan ajaran etika tertentu. Kemudian ia mengatakan bahwa ajaran itu  mengajar kita menghormati orang tua, begitu pula ajaran Alkitab. Lalu ia menganjuri kami untuk menerima kekristenan, sebab ajarannya sama dengan ajaran etika itu.  Ketika saya mendengar kata-kata tersebut, saya lalu berkata kepada diri  sendiri, “Kalau betul demikian, mengapa kami harus menerima kekristenan, sedangkan kami telah memiliki ajaran etika itu?”  Alangkah butanya orang yang mengatakan ajaran etika itu  sama dengan ajaran Alkitab!



No comments: